Aris, Nurulhuda (2024) Strategi Pemasaran UPTD Kebun Raya Jompie Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kebun Raya Jompie (Analisis Pariwisata Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.93202.034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Strategi pemasaran UPTD Kebun Raya Jompie dalam menigkatkan kunjungan wisatawan di Kebun Raya Jompie (analisis pariwisata syariah). Kehadiran Kebun Raya Jompie sebagai wisata alam yang ada di Kota Parepare di harapankan bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan UPTD Kebun Raya Jompie dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kebun Raya Jompie, untuk mengetahui faktor penghambat strategi pemasaran UPTD Kebun Raya Jompie serta mengetahui penerapan pariwisata syariah di Kebun Raya Jompie. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan yaitu 9 orang yang terdiri dari 3 orang Pengelola Kebun Raya Jompie, 2 orang dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, serta 4 orang dari Pengunjung Kebun Raya Jompie. Uji Keabsahan Data menggunakan triangulasi sumber dan metode, serta menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan UPTD Kebun Raya Jompie adalah Kebun Raya Jompie telah menyediakan berbagai fasilitas seperti, flying fox, tempat istirahat, area perkemahan, spot foto dengan harga tiket yang sangat murah. Pemasaran yang dilakukan Kebun Raya Jompie melalui media cetak dan media sosial, seperti instagram, facebook, twitter dan melalui aplikasi Kebun Raya Jompie, serta kerjasama dengan berbagai pihak. Adapun yang menjadi faktor penghambat strategi pemasaran adalah kurangnya anggaran dana sehingga menghambat pengelola untuk memperbaiki fasilitas di Kebun Raya Jompie, kurangnya air bersih, jaringan yang memperlambat mengakses informasi mengenai Kebun Raya Jompie. Kebun Raya Jompie telah menyediakan fasilitas ibadah seperti musholah dan tempat berwudhu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Kebun Raya Jompie, Wisatawan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:23
Last Modified: 09 Aug 2024 07:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6688

Actions (login required)

View Item View Item