Yusran, Muhammad (2023) Implementasi Kurikulum Mu’adalah Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah di Pondok Modern Kurir Langit Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Texr)
19.1100.098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kurikulum Mu’adalah Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah di Pondok Modern Kurir Langit Barru. Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui implementasi kurikulum mu’adalah kulliyatul mu’allimin al-islamiyah di Pondok Modern Kurir Langit Barru, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan, jenis data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengelolaan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Modern Kurir Langit Barru menyelenggarakan kurikulum mu’adalah kulliyatul mu’allimin al-islamiyah menggunakan model implementasi Innovation profile models. Dalam penerapannya para tenaga pendidik menggunakan tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan, melakukan rapat koordinasi di awal tahun ajaran untuk menyelaraskan tujuan pembelajaran, isi pembelajaran, metode dan juga media pembelajaran. Tahapan kedua proses pelaksanaan mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran yang dimonitoring oleh mudir kurikulum apakah proses pembelajaran sesuai dengan bahan ajar dan RPP (I’dad tadris), Tahapan ketiga yaitu evaluasi, proses evaluasi yang dilakukan dalam kurikulum mu’adalah KMI terdiri dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Faktor pendukung implementasi kurikulum KMI yaitu: (1) dasar hukum dari pemerintah, (2) pedoman kurikulum, (3) program kunjungan ke pondok KMI pusat, (4) buku I’dad tadris, (5) program ta’hilal mudarrisin, (5) program kokurikuler dan ekstrakurikuler, (6) gedung workshop multifungsi dan (6) kompetensi guru. Sementara itu, faktor penghambat yaitu: (1) sarana dan prasarana yang kurang memadai, (2) program pembelajaran yang belum terlaksana dan (3) referensi bahan ajar yang tidak tetap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, kurikulum, Mu’adalah KMI, Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:05 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6075 |
Actions (login required)
View Item |