Vikrayanti, Nur (2024) Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game Wordwall Terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII 3 Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Maiwa Kab. Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.059 NUR VIKRAYANTI.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran yang digunakan dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa dalam proses pembelajaran belum sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media saat proses pembelajaran IPS tidak sedikit siswa yang hanya duduk dan bingung saat guru menjelaskan mengenai materi yang diajarkan. Selain dari pada itu tak sedikit guru yang mengalami kendala saat menggunakan media pembelajaran, salah satu kendala yang sering dihadapi ialah ketidak sesuaian media pembelajaran berbasis Aplikasi Game Wordwall di kelas VII 3 SMPN 1 Maiwa dan untuk mengetahui Analisis dari hasil penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Game Wordwall di kelas VII 3 SMPN 1 Maiwa Kab. Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas subjek penelitian yaitu kelas VII.3 SMPN 1 Maiwa Kab. Enrekang. dengan tahapan penyelesaian sebanyak 2 (dua) siklus. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model Kemmis dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Game Wordwall di kelas VII.3 SMPN 1 Maiwa Kab. Enrekang, dilakukan 2 (dua) siklus dengan perbaikan berkelanjutan telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS. Analisis Hasil Penerapan media pembelajaran Game Wordwall di SMPN 1 Maiwa Kab. Enrekang menunjukkan bahwa nilai pratindakan kemampuan rata-rata sebesar 80,3 dengan persentase kelulusan peserta didik sebesar 43,3%, nilai siklus I sebesar 81,3 dengan persentase peserta didik yang sebesar 66,7%, siklus II sebesar persentase sebesar 81,3% dan siklus II mencapai 98,8%, artinya terjadi peningkatan sebesar 17,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil pada nilai siklus I dan nilai siklus II lebih besar dibandingkan hasil pratindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat peningkatan tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran berbasis Aplikasi Game Wordwall di kelas VII 3 SMPN 1 Maiwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game, Wordwall, Pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:57
Last Modified: 05 Jul 2024 03:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item