Yanti, Wilda (2023) Project Based Learning-Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality APK dalam Meningkatkan Kecerdasan Spasial. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.016 WILDA YANTI SKRIPSI.pdf] Text
19.1600.016 WILDA YANTI SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan spasial siswa dengan menggunakan model project based learning-etnomatematika berbantuan augmented reality. Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan dalam mengumpulkan datanya menggunakan lembar aktivitas guru dan siswa, respon siswa, dan tes uraian. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data aktivitas guru dan siswa, analisis data respon siswa, dan analisis data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan persentase dalam dua siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase aktivitas guru adalah 82,29% dengan kategori baik, aktivitas siswa 78,12% dengan kategori baik, respon siswa sebesar 73% dengan kategori baik, serta ketuntasan klasikal yaitu 53,33%. Sedangkan pada siklus II aktivitas guru berada pada kategori sangat baik denga persentase 93,75%, aktivitas siswa 84,16% dengan kategori sangat baik, serta ketuntasan klasikal yaitu 83,33%. Disimpulkan bahwa penerapan model project based learning-etnomatematika berbantuan augmented reality apk dapat meningkatkan kecerdasan spasial siswa kelas VIII.2 MTsN Kota Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Etnomatematika, Augmented Reality, Kecerdasan Spasial.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:39
Last Modified: 13 Jun 2024 08:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5715

Actions (login required)

View Item View Item