D, Ameliah (2022) Pengaruh Hasil Belajar Terhadap Sikap Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupten Sidrap. (dibimbing oleh Muh Dahlan Thalib dan Ali Rahman). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
18.1200.007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi terhadap diri peserta didik setelah mengalami berbagai pengalaman dalam proses belajar yang dicapai dalam bentuk skor atau angka yang dilihat dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Sikap belajar adalah tingkah laku peserta didik dalam bentuk pengetahuan, pemahaman, kenyakinan, perasaan peserta didik dan tingkah laku terhadap guru, tujuan, materi dan tugas-tugas serta lainnya dalam proses belajar yang bersifat akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab, untuk mengetahui sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar terhadap sikap belajar bahasa Arab peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif Sementara jenis penelitiannya yaitu kuantitatif korelasional. Sampel penelitian menggunakan teknik sampel random sampling yakni pemilihan sampel secara acak yang berjumlah 69 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) hasil belajar peserta didik kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidrap yang dibuktikan dengan nilai rapor yang berjumlah 69 responden berada pada kategori sangat tinggi 92,7%. (2) sikap belajar peserta didik kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidrap yang dibuktikan dari analisis angket yang berjumlah 69 responden berada pada kategori sedang yaitu 77,3%. (3) terdapat pengaruh hasil belajar terhadap sikap belajar bahasa Arab peserta didik MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidrap. Hal ini diketahui dari hasil pengujian person correlations dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil analisis person corelationnya sebesar 0,425 atau 42,5% berada pada tingkat sedang yakni 0,40-0,599. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar terhadap sikap belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidrap. Hal ini diketahui dari hasil pengujian uji regresi dan koefisien determinasinya sebesar (18,0%) sedangkan sisanya sebesar (82,0%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Hasil pengujian hipotesis yang diajukan oleh penulis yaitu terdapat pengaruh hasil belajar terhadap sikap belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidrap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Sikap Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | toni toni toni |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:27 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 04:26 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5624 |
Actions (login required)
View Item |