hana, Nur (2022) Penggunaan Metode Hiwār Dalam meningkatkan Mahārah Al-Kalām Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Kab.Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
17.1200.053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Bagaimana penggunaan metode Hiwār dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Arqam Punnia, (2)Bagaimana kemampuan Mahara Al-Kalam siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Arqam Punnia, dan (3)Apakah penggunaan metode Hiwār dapat meningkatkan Mahara Al-Kalam siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Arqam Punnia? Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan proses penggunaan metode Hiwār dalam pembelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan mahara al-kalam pada siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Arqam Punnia, (2)Mendeskripsikan kemampuan Mahārah Al-Kalām siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Arqam Punnia dan (3)Mendeskripsikan penggunaan metode Hiwār dalam mendukung dan menghambat proses pembelajaran Bahasa Arab pada siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Arqam Punnia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data yang diambil adalah siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Arqam Punnia yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 72 siswa. Dan sumber data dalam penelitian ini hanya berasal dari satu kelas saja yaitu Kelas XI yang berjumlah 37 siswa. Penelitian dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu, observasi, dokumentasi, dan demonstrasi. Analisis pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi yang berisi tentang indikator dalam peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa. Setelah dilakukan penelitian pra siklus tentang kemampuan berbahasa Arab siswa dengan menggunakan lembar observasi diperoleh hasil sebesar 40%, dan pada siklus 1, sebesar 64%, dan siklus 2 sebesar 84%. Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan kemampuan Mahārah Al-Kalām siswa kelas XI Aliyah mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahārah Al-Kalām , Metode Hiwār |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | toni toni toni |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:29 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5621 |
Actions (login required)
View Item |