Wahyuni Nurtaha, Dzikru (2022) Strategi Pembelajaran Mahārah al-Kalām pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1200.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini mendeskripsikan terkait strategi pembelajaran Mahārah al-Kalām pada prodi pendidikan bahasa Arab IAIN Parepare. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) Mengetahui proses pembelajaran Mahārah al-Kalām pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare. (2) Mengetahui strategi pembelajaran Mahārah al-Kalām pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare. (3) Mengetahui kendala dalam pembelajaran Mahārah al-Kalām pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini dosen pengampuh mata kuliah mahārah al-kalām dan mahasiswa pada program studi pendidikan bahasa Arab IAIN Parepare. Setelah data diperoleh secara penuh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Huberman dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Proses pembelajaran Mahārah al-Kalām pada program studi pendidikan bahasa Arab adalah proses pembelajaran Mahārah al-Kalām pada prodi pendidikan bahasa Arab berjalan sesuai dengan teori dan menerapkan ketiga tahapan pembelajaran yakni pra intruksional atau kegiatan awal, pengajaran atau kegiatan inti dan penilaian hasil dan tindak lanjut atau kegiatan penutup. (2) Strategi Pembelajaran Mahārah al-Kalām pada prodi pendidikan bahasa Arab IAIN Parepare adalah pada proses pembelajaran mewajibkan mahasiswa memiliki kamus al-munawir, memberi kosakata setiap pertemuan, menyampaikan materi dengan menggunakan metode al-intiqaiyyah/ eclectic, menggunakan media gambar, permainan, buku. (3) Kendala pada pembelajaran Mahārah al-Kalām pada prodi pendidikan bahasa Arab IAIN Parepare adalah kurangnya kosakata, kurang pengetahuan qawaid, rasa malas, lingkungan sekitar dan latar belakang pendidikan mahasiswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Mahārah al-Kalām.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: toni toni toni
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:04
Last Modified: 21 Mar 2024 03:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5620

Actions (login required)

View Item View Item