Rismal, Andi Muhammad (2022) Korelasi Antara Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Kesulitan Belajar PAI di Kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.1100.018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana yang begitu penting untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk menjamin kelangsungan hidup dan kemajuan suatu bangsa melihat realita minimnya SDM yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh berkembangnya pendidikan di dunia, termasuk di Indonesia saat ini. Berdasarkan observasi awal peneliti, terdapat korelasi antara penggunaan model problem based learning dengan kesulitan belajar PAI di kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas penggunaan model problem based learning dengan kesulitan belajar PAI, tingkat kesulitan belajar PAI dan korelasi antara penggunaan model problem based learning dengan kesulitan belajar PAI. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 35 peserta didik dan jumlah sampel sebanyak 35 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi serta mengelolah data-data yang diperoleh dari lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Tingkat intesitas penggunaan model problem based learning di kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare adalah 73% dari kriterium yang ditetapkan, artinya intesitas penggunaan model problem based learning berada dalam kategori sedang. (2) Tingkat kesulitan belajar PAI di kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare adalah 64% dari kriterium yang ditetapkan, artinya tingkat kesulitan belajar PAI berada dalam kategori rendah. (3) Terdapat korelasi antara problem based learning (X) dengan kesulitan belajar PAI (Y) di kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare. Kontribusi yang disumbangkan problem based learning (X) terhadap kesulitan belajar PAI (Y) adalah sebesar 29,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kesulitan Belajar PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: toni toni toni
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:36
Last Modified: 28 Mar 2024 06:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item