Munir, Abd. (2022) Metode Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Nilai-Nilai Ahklakul Karimah Pada Siswa Kelas XI Agama di MAN Pangkep. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1100.026 ABD.MUNIR .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dan faktor yang mendukung serta menghambat dalam penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di kelas XI Agama MAN Pangkep. Penelitian ini termasuk dalam Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh guru akidah akhlak dalam upaya menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa kelas XI Agama di MAN Pangkep adalah menggunkan metode keteladan atau menjadi contoh dan panutan terhadap siswa, memberikan pengajaran tentang pentingnya akhlak yang baik, dan membiasakan siswa untuk selalu berbuat baik, dan dengan pemeberian hadiah serta melalui petuah atau Pappaseng. Adapun beberapa nilai yang diterapkan dalam implementasi metode yaitu: Nilai keimanan, nilai kesopanan, nilai sipakatu, sipakainge dan Sipakalebbi, nilai disiplin, nilai kemandirian, nilai kebersihan dan peduli lingkungan, serta nilai tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Akhlakul Karimah, Nilai |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 05:28 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 05:28 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5560 |
Actions (login required)
View Item |