Nuranisa, Nuranisa (2023) EKSPLORASI PROSES PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL ICARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
19.1600.004.docx - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Model pembelajaran ICARE adalah model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memusatkan perhatiannya karena tujuan dan kegiatan pembelajaran yang disampaikan secara jelas. Dengan penggunaan model pembelajaran ICARE dapat memudahkan siswa dalam belajar serta mengaplikasikan pembelajaran yang telah mereka dapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemecahan masalah dan kemandirian belajar menggunakan model ICARE. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan desain The exploratory sequential. Tahap pertama akan dilakukan penggumpulan data kualitatif, kemudian pada tahap kedua dilakukan pengumpulan data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam data kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan perhitungan uji N-Gain score sebesar 0,5821 dan dikategorikan sedang. Nilai rata-rata pemecahan masalah matematis yang didapatkan siswa sebesar 85,47 dan nilai rata-rata kemandirian belajar sebesar 63,47. Jika ditinjau dari nilai KKM sekolah sebesar ≥72 maka perolehan nilai rata-rata yang didapatkan sudah tuntas. Hal ini berarti model pembelajaran ICARE cukup efektif untuk meningkatkan proses pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Darul’ Ulum Ath-Thahiriyah Paladang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar, Model ICARE. |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 04:00 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 04:00 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5535 |
Actions (login required)
View Item |