Kartika, Dwi Retno (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI KENDURI SUKU JAWA DI DESA BANYUURIP KABUPATEN LUWU UTARA. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1100.072.pdf] Text
18.1100.072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tradisi kenduri merupakan acara selametan dalam tujuan untuk mengucapkan rasa syukur atas rejeki yang telah diberikan dan tujuannya untuk bersedekah dan juga tradisi kenduri ini merupakan yang diajarkan oleh Rasulullah Saw yaitu berdzikir,berdoa bersama dan menyambung silaturahmi antar sesama. Tradisi kenduri ini bisa di lakukan bisa juga tidak, akan tetapi masyarakat terdahulu melaksanakan tradisi kenduri ini, karena merupakan ajaran dari wali songo, dalam artian tradisi kenduri ini merupakan adat istiadat yang secara turun menurun dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi kenduri yaitu Nilai Aqidah bisa dilihat dari keyakinan bahwasanya masyarakat desa meminta segala sesuatu kepada Allah swt yakni meminta segala keberkahan, rahmat dan keselamatan. Nilai akhlak dalam tradisi kenduri dapat dilihat dari proses pelaksanaannya yaitu saling menjalin silaturahmi, Nilai ibadah dalam tradisi kenduri dapat dilihat dari perwujudan rasa syukur masyarakat atas segala rejeki, nikmat yang telah diberikan kepada kita melalui berdoa dan berdzikir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Islam, Tradisi Kenduri
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:36
Last Modified: 01 Nov 2023 06:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item