Anisa Fitri, Ririn (2023) PENGARUH KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR PENDIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 ENREKANG. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text
18.1200.031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Memiliki keterampilan variasi mengajar merupakan hal yang wajib dimiliki sebagai profesi pendidik karena keterampilan tersebut dasar dalam mengajar. Keterampilan variasi mengajar dapat memimucu motivasi belajar pesrta didik khususnya bahasa Arab, teori yang dikemukakan oleh Helmiati mendukung pernyataan tersebut. Motivasi belajar bahasa Arab dapat timbul dari luar dan dari dalam diri peserta didik maka keterampilan variasi mengajar merupakan hal yang penting untuk meningkatkan gairah belajar peserta didik. Namun peneliti menemukan indikasi motivasi belajar bahasa Arab yang rendah pada peserta didik di MTsN 3 Enrekang. Melihat permasalahan tersebut, maka penelitian ini ingin mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh keterampilan variasi mengajar terhadap motivasi belajar bahasa Arab peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Total sampel pada penelitian ini yaitu sebesar 70 peserta didik dari total populasi sebesar 252 peserta didik. Penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin yang berarti menyeleksi banyaknya populasi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keterampilan variasi mengajar pendidik di MTsN 3 Enrekang memperoleh angka presentase sebesar 62,2% yang bearti berada pada kategori kuat ata baik, (2) Motivasi belajar bahasa Arab peserta didik di MTsN 3 Enrekang memperoleh angka persentase sebesar 74,7% yang berarti kuat atau baik, (3) Keterampilan variasi mengajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar bahasa Arab peserta didik di MTsN 3 Enrekang dengan pengaruh presentasi sebesar 11,5% dan berpengaruh secara positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Variasi Mengajar, Motivasi Belajar Bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:07 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:07 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5467 |
Actions (login required)
View Item |