Atika, Nurul (2023) PENGARUH KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD (MTs DDI) LERO KABUPATEN PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
18.1200.025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Segala kemampuan atau keterampilan seseorang dalam bidang bahasa merupakan kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik saling berkaitan terhadap pembelajaran bahasa Arab sebagaimana teori yang termaktub dalam Mamluatul Hasanah, yaitu pembelajaran bahasa asing akan lebih mudah dipahami ketika seseorang memiliki kecerdasan linguistik. Pembelajaran bahasa asing dalam penelitian ini, dikhususkan pada pembelajaran bahasa Arab. Namun, teori tersebut berbeda dengan kondisi siswa kelas VII MTs DDI Lero, yakni terlihat rendahnya hasil belajar bahasa Arab siswa meskipun diindikasi memiliki kecerdasan linguistik, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diajukan, yakni (1) bagaimana kecerdasan linguistik siswa kelas VII MTs DDI Lero, (2) bagaimana hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs DDI Lero, dan (3) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan linguistik dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs DDI Lero. Data penelitian yang bersifat angka sehingga dilakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dikarenakan tidak diberikan perlakuan khusus terhadap variabel kecerdasan linguistik dan hasil belajar bahasa Arab. Adapun keseluruhan jumlah siswa, yakni 66 orang merupakan populasi dan adapun teknik pengambilan sampelnya, yaitu menggunakan teknik total sampling. Pada penelitian ini ditemukan adanya pengaruh kecerdasan linguistik secara signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs DDI Lero dengan persentase pengaruh sebesar 8,1% dan berpengaruh secara positif. Penelitian ini juga menunjukkan siswa kelas VII MTs DDI Lero memiliki kecerdasan linguistik yang masih tergolong rendah, serta memiliki hasil belajar bahasa Arab yang tergolong sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Linguistik, Hasil Belajar Bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 01:00 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 01:00 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5454 |
Actions (login required)
View Item |