Majid, Jursan (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTS ITTIHADIYAH TANREASSONA PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 19.1100.088.pdf] Text
19.1100.088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran dikenal sebagai kompetensi pedagogik. Motivasi belajar adalah upaya peserta didik dari dalam dan dari luar dirinya untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis apakah kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqh Kelas VII MTS Ittihadiyah Tanreassona Pinrang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian korelatif. Populasi penelitian terdiri dari 104 peserta didik, dan sampel 51 peserta didik yang dipilih menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru MTS Ittihadiyah Tanreassona Pinrang termasuk kategori tinggi sebesar 86,5% dari kriteria yang ditetapkan. (2) Motivasi belajar peserta didik kelas VII MTS Ittihadiyah Tanreassona Pinrang berada pada kategori tinggi sebesar 81%. (3) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTS Ittihadiyah Tanreassona Pinrang adalah sig. 0,027 < 0,05, yaitu H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:02
Last Modified: 30 Oct 2023 02:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5441

Actions (login required)

View Item View Item