Muzayyanah K., Muzayyanah K. (2022) Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare pada Era digitalisasi. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1100.124.pdf] Text
17.1100.124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru Pendidikan Agama Islam, berdasarkan Undang-undang adalah kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan ini dibutuhkan untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai guru. Kreativitas juga merupakan kemampuan yang dituntut oleh dunia kerja saat ini. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, yang menjadi objek penelitian ini merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan menggunakan metode model Rasch. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan berpikir kreatif mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam fakultas Tarbiyah IAIN Parepare di era digitalisasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam fakultas tarbiyah IAIN parepare memiliki kecendrungan dalam berpikir kreatif tinggi dan berpikir kreatif sedang diera digitalisasi dengan rincian 9 orang (9%) mahasiswa yang cenderung berpikir kreatif tinggi dan 91 orang (91%) cenderung berpikir kreatif sedang. Tipe dimensi yang paling dominan diantara 4 dimensi yaitu FL (Fluency) dengan rincian 78 mahasiswa (78%) cenderung berpikir Fluency tinggi yaitu mampu mencetuskan banyak gagasan, jawaban dan pertanyaan dan 33 mahasiswa (22%) cenderung berpikir Fluency rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Era Digitalisasi, Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:23
Last Modified: 27 Oct 2023 06:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item View Item