Ismail, Hajar (2023) Eksplorasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI Madrasah Aliyah DDI Lil-Banat Ujung Lare Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1100.021.pdf] Text
17.1100.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Al-qur’an hadits merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di MA ddi lil-banat. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang diajarkan di madrasah mengembangkan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengalaman peserta didik tentang sejarah atau fenomena masyarakat islam masa lalu untuk dijadikan ibrah sehingga dapat terinternalisasi pada diri setiap peserta didik untuk bekal hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriktif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dikumentasi, adapun teknik analisis data yang bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulan terkait peristiwa atau yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa eksplorasi pemanfaatan media berbasis TI pada pelajaran Al-qur’an Hadits di MA DDI Lil-Banat Ujung Lare Kota Parepare masih terbatas pada media alat berupa lcd,speaker, dan powerpoint. Sedangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi berupa media sumber belum terlaksana secara baik. Hal itu disebabkan guru hanya mengambil sumber belajar dari informasi yang diperoleh yang tersedia di internet. Sebagian besar proses pembelajaran menggunakan media sumber manual dari buku paket yang tersedia. Kendala dalam eksplorasi pemanfaatan media sebagai alat seperti keterbatasan LCD,,dan pemilihan background ppt yang dipilh guru, Sedangkan kendala eksplorasi pemanfaatan media sebagai sumber adalah kemampuan Guru dalam membuat bahan ajar berbasis teknologi informasi masih terbatas. Hal ini disebabkan karena pengetahuan guru tentang pengembangan bahan ajar berbasis TI juga terbatas. Disamping itu guru memberikan bahan ajar terlalu sedikit, urutan penyajian yang tidak tepat dan jenis materi bahan ajar yang kurang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekplorasi, Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Al-Qur’an Hadits
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:45
Last Modified: 27 Oct 2023 02:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

View Item View Item