Darwis, Muhammad (2023) Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Masa COVID-19 Di Ma’had DDI SIdrap. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.0211.023.pdf] Text
19.0211.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan blended Learning terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dimasa Coronavirus disease (COVID-19) di Ma’had DDI Sidrap. Adapun tujuan penelitian ini mengetahui metode penerapan blended learning, mengetahui hasil belajar dan pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Untuk instrumen penelitian yaitu: lembar observasi, dokumentasi, dan lembar kuesioner. Sampel sebanyak 86 peserta didik. Teknik analisis data yaitu: analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penerapan blended learning pada materi pendidikan agama Islam di Ma’had DDI Sidrap menjadi solusi yang sangat efesien dan efektif diterapkan di era digital, presentase angka diperoleh 72,51% tergolong kategori baik. Hasil belajar melalui penerapan blended learning di Ma’had DDI Sidrap adalah nilai rata-rata 80,30% kategori baik. Dengan demikian pembelajaran blended learnig dapat dikembangkan untuk menghadapi era digital. Penerapan blended learning terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dimasa COVID-19 di Madrasah Aliyah Ma’had DDI Sidrap berpengaruh positif, dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) pendidikan agama Islam dimasa COVID-19, hal ini berdasarkan dengan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung = 15.650 > Ttabel = 1.989 atau taraf signifikan sebesar 0,000 < 5% (0,05) sehingga dapat disimpulkan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan blended learning terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning dan Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:46
Last Modified: 26 Oct 2023 02:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5368

Actions (login required)

View Item View Item