Ibrahim, Ibrahim (2019) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik Di SDN 116 Patampanua Kabupaten Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text
16.0211.002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini salah satu solusi yang dipilih untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 116 Patampanua Kabupaten Pinrang adalah penerapan model pembelajaran snowball thorowing. Motode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dirancang dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Pada setiap akhir siklus diberikan tes evaluasi untuk mendapatkan data mengenai hasil belajar peserta didik. Data hasil observasi selama pemberian tindakan dan wawancara dianalisis secara kualitatif deskriptif, sedangkan data tentang hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistic deskriptif yaitu rata-rata, prosentase, dan ketuntasan belajar individu dan klasikal yang dicapai peserta didik. Penerapan pembelajaran snowball throwing terhadap peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN 116 Patampanua Kabupaten terdapat 9 langkah. Menyampaikan tujuan dalam pembelajaran dan memotivasi peserta didik.Menyajikan informasi tentang materi pembelajaran.Memberikan informasi kepada peserta didik prosedur pembelajaran snowball throwing. Membagi peserta didik ke dalam kelompok belajar.Masing-masing ketua kelompok dipanggil untuk menerima penjelasan materi ajar. Masing-masing peserta didik diberikan satu lembar kertas kerja kosong dan menuliskan satu pertanyaan mengenai materi ajar. Kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari kelompok satu ke peserta didik kelompok lain. Setelah peserta didik dapat satu bola atau satu pertanyaan peserta didik diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis pada kertas di dalam bola kertas secara bergantian. Pembenaran, pelurusan jawaban pertanyaan. Model pembelajaran snowball throwing efektif dilakukan terhadap peningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas V di SDN 116 setelah dilakukan tes evaluasi Pada siklus I rata-rata kelas yaitu 69.76 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi yaitu 83,24 Peningkatan yang terjadi sebesar 13,48%. Pada ketuntasan individu peserta didik juga terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu 6,97 menjadi 8.32. Peningkatan yang terjadi sebesar 1.35%. Selanjutnya ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan yaitu 47,05% ke 100% peningkatan terjadi sebesar 52,95%.Peningkatan yang terjadi setiap siklusnya menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan. Jadi model pembelajaran Snowball Throwing baik unntuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:28 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:28 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5367 |
Actions (login required)
View Item |