Halifah, Syarifah and Nurrahmah, Nurrahmah (2023) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK MORAL ANAK PADA MASYARAKAT PESISIR MANDAR. In: POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK MORAL ANAK PADA MASYARAKAT PESISIR MANDAR. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 268-291. ISBN 978-623-8092-46-8

[thumbnail of Ifa_Pola Asuh Anak.pdf] Text
Ifa_Pola Asuh Anak.pdf

Download (5MB)

Abstract

Moral adalah sikap yang selaras dengan ukuran atau nilai nilai yang dianut masyarakat yang muncul dalam hati nurani dan memberikan dampak signifikan dalam kehidupan sosial masyarakat. Penelitian ini menkaji secara mendalam bagaimana karakteristik moral yang dimiliki oleh anak-anak masyarakat Mandar dan bagaimana pola asuh orang tua pesisir Mandar dalam membentuk moral anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif ethnografi. Adapun subjek penelitian yakni masyarakat pesisir mandar yang memiliki anak berusia 0-12 tahun dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil peneitian mengungkapakan bahwa karakteristik moral anak masyarakat pesisir Mandar memiliki karakteristik yang religius berupa tingkah laku disiplin dalam melaksanakan sholat dan belajar al-qur’an serta memiliki nilai moral tanggung jawab yang baik. Namun memiliki karakteristik moral kesopanan yang tidak cukup baik, hal ini ditandai dengan perilaku pawali-wali yang ada pada anak-anak pesisir Mandar. Kemudian, pola asuh yang digunakan dalam membentuk moral anak berupa tipe pola asuh gabungan antar permisif, demokratis dan otoriter. Kata Kunci: Moral, Pola Asuh, Pesisir Mandar

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Moral, Pola Asuh, Pesisir Mandar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:51
Last Modified: 24 Oct 2023 05:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item View Item