Halifah, Syarifah and Nurrahmah, Nurrahmah (2023) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK MORAL ANAK PADA MASYARAKAT PESISIR MANDAR. In: POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK MORAL ANAK PADA MASYARAKAT PESISIR MANDAR. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 268-291. ISBN 978-623-8092-46-8
Text
Ifa_Pola Asuh Anak.pdf Download (5MB) |
Abstract
Moral adalah sikap yang selaras dengan ukuran atau nilai nilai yang dianut masyarakat yang muncul dalam hati nurani dan memberikan dampak signifikan dalam kehidupan sosial masyarakat. Penelitian ini menkaji secara mendalam bagaimana karakteristik moral yang dimiliki oleh anak-anak masyarakat Mandar dan bagaimana pola asuh orang tua pesisir Mandar dalam membentuk moral anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif ethnografi. Adapun subjek penelitian yakni masyarakat pesisir mandar yang memiliki anak berusia 0-12 tahun dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil peneitian mengungkapakan bahwa karakteristik moral anak masyarakat pesisir Mandar memiliki karakteristik yang religius berupa tingkah laku disiplin dalam melaksanakan sholat dan belajar al-qur’an serta memiliki nilai moral tanggung jawab yang baik. Namun memiliki karakteristik moral kesopanan yang tidak cukup baik, hal ini ditandai dengan perilaku pawali-wali yang ada pada anak-anak pesisir Mandar. Kemudian, pola asuh yang digunakan dalam membentuk moral anak berupa tipe pola asuh gabungan antar permisif, demokratis dan otoriter. Kata Kunci: Moral, Pola Asuh, Pesisir Mandar
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral, Pola Asuh, Pesisir Mandar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Nurleli Ramli |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:51 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5350 |
Actions (login required)
View Item |