Ramli, Nurleli (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUKU BUGIS. In: PEMBENTUKAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUKU BUGIS. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 252-266. ISBN 978-623-8092-46-8
Text
Leli_Pembelajaran IPS.pdf Download (5MB) |
Abstract
Era digital memberikan dampak terhadap pola perilaku masyarakat utamanya dalam hal saling tegur sapa secara langsung dan adanya dominasi untuk bekerja secara individualis. Kondisi tersebut dikhawatirkan akan berdampak terhadap lunturnya semangat gotong royong masyarakat Indonesia sebagai suatu bangsa yang memegang teguh prinsip bhineka tunggal ika. Mengembalikan semangat gotong royong dapat dimulai melalui pelestarian permainan tradisional kepada anak-anak karena kegiatan tersebut identik dengan kerjasama, kejujuran, dan semangat perjuangan. Permainan tradisional utamanya yang berasal dari suku bugis apabila dimainkan harus melibatkan dua orang atau lebih sehingga hal ini akan memberikan suatu pembelajaran bagi anak bagaimana mereka bisa bersosialisasi dan secara bersama-sama menyelesaikan alur permainan sesuai dengan kesepakatan. Penggalian nilai-nilai gotong royong yang terdapat dalam permainan tradisional suku bugis dilakukan melalui kajian literatur. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan tradisional suku bugis selain bertujuan untuk pembentukan karakter gotong royong juga berdampak terhadap kehidupan sosial anak yang tidak individualistis dan tumbuhnya rasa kecintaan terhadap budaya lokal daerahnya. Kata Kunci: Permainan Tradisional, Suku Bugis, Karakter Gotong Royong
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Tradisional, Suku Bugis, Karakter Gotong Royong |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Nurleli Ramli |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:51 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5348 |
Actions (login required)
View Item |