Hasanah, Nurul (2023) PENGGUNAAN MATERI BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SMP PADA PROCEDURE TEXT. In: PENGGUNAAN MATERI BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SMP PADA PROCEDURE TEXT. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 172-184. ISBN 978-623-8092-46-8

[thumbnail of Nurul Hasanah_Pembelajaran Bhs.Inggris.pdf] Text
Nurul Hasanah_Pembelajaran Bhs.Inggris.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pelajar secara langsung dan tidak langsung akan sangat terhubung dengan budaya sekitarnya dan secara sadar ataupun tidak, akan menyesuaikan kehidupan sehari-harinya dengan budaya lokal mereka, termasuk juga dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan materi berbasis budaya lokal mampu meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Inggris siswa SMP pada jenis procedure text. Untuk mencapai tujuan ini, digunakan desain penelitian metode pre-eksperimen yang menggunakan teknik cluster-random sampling dari siswa kelas satu sebagai populasi. Penelitian dimulai dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Diakhiri dengan post-test untuk mendapatkan data yang kemudian dianalisis secara statis menggunakan bantuan menu data analysis di Microsoft Excel 2021. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan materi berbasis budaya lokal pada pelajaran menulis Bahasa Inggris secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa pada jenis teks prosedur. Hal ini terjadi karena siswa memiliki latar belakang pengetahuan yang baik untuk mengembangkan teks dalam kegiatan kelas. Lebih penting lagi, kemampuan siswa dalam memilih diksi teks menjadi lebih variatif. Kata Kunci: budaya lokal, menulis, procedure text

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: budaya lokal, menulis, procedure text
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:51
Last Modified: 24 Oct 2023 05:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item