Hasanah, Nurul (2023) PENGGUNAAN MATERI BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SMP PADA PROCEDURE TEXT. In: PENGGUNAAN MATERI BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SMP PADA PROCEDURE TEXT. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 172-184. ISBN 978-623-8092-46-8
Text
Nurul Hasanah_Pembelajaran Bhs.Inggris.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pelajar secara langsung dan tidak langsung akan sangat terhubung dengan budaya sekitarnya dan secara sadar ataupun tidak, akan menyesuaikan kehidupan sehari-harinya dengan budaya lokal mereka, termasuk juga dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan materi berbasis budaya lokal mampu meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Inggris siswa SMP pada jenis procedure text. Untuk mencapai tujuan ini, digunakan desain penelitian metode pre-eksperimen yang menggunakan teknik cluster-random sampling dari siswa kelas satu sebagai populasi. Penelitian dimulai dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Diakhiri dengan post-test untuk mendapatkan data yang kemudian dianalisis secara statis menggunakan bantuan menu data analysis di Microsoft Excel 2021. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan materi berbasis budaya lokal pada pelajaran menulis Bahasa Inggris secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa pada jenis teks prosedur. Hal ini terjadi karena siswa memiliki latar belakang pengetahuan yang baik untuk mengembangkan teks dalam kegiatan kelas. Lebih penting lagi, kemampuan siswa dalam memilih diksi teks menjadi lebih variatif. Kata Kunci: budaya lokal, menulis, procedure text
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | budaya lokal, menulis, procedure text |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Nurleli Ramli |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:51 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5343 |
Actions (login required)
View Item |