Kalsum, Kalsum and Agussalim, Agussalim (2023) PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. In: PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 161-170. ISBN 978-623-8092-46-8

[thumbnail of Kalsum_Bhs.Inggris.pdf] Text
Kalsum_Bhs.Inggris.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sulawesi Selatan sebagai salah satu daerah yang sarat dengan ajaran leluhur yang beraneka ragam tertuang dalam falsafah hidup yang dipegangi oleh masyarakat disegala lini kehidupan sangat berpotensi besar untuk menuangkan pokok-pokok ajaranya dalam pembelajaran di kelas agar pelestarian nilai-nilai keluhuran budi dari para pendahulu dapat dilestarikan oleh para generasi muda. Kearifan lokal yang sarat makna menjadi materi ajar yang selain unik dengan falsafahnya juga mampu membawa suasana baru bagi pembelajaran di kelas. Siswa di bawa pada kajian materi ilmiah tentang prinsip hidup yang ada pada daerah mereka dan dibungkus dengan konsep penggunaan bahasa inggris dikelas. Hal ini membuat mereka bebas untuk mengekspresikan pengetahuan dasar mereka tentang kebiasaan adat istiadat kearifan lokal yang mereka rasakan setiap hari di masyarakat dalam konteks bahasa inggris yang mereka pelajari. Artikel ini di tulis menggunakan metode kualitatif untuk melihat jenis-jenis kearifan lokal yang ada dalam pendidikan di sulawesi selatan serta manfaatnya dalam keseharian masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menjaga, dan mengilhami para siswa melalui pembelajaran yang sarat dengan makna budaya di masa mendatang Kata Kunci: Kearifan Lokal, Pembelajaran bahasa Inggris

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Pembelajaran bahasa Inggris
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:51
Last Modified: 24 Oct 2023 05:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item