Kalsum, Kalsum and Agussalim, Agussalim (2023) PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. In: PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 161-170. ISBN 978-623-8092-46-8
Text
Kalsum_Bhs.Inggris.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sulawesi Selatan sebagai salah satu daerah yang sarat dengan ajaran leluhur yang beraneka ragam tertuang dalam falsafah hidup yang dipegangi oleh masyarakat disegala lini kehidupan sangat berpotensi besar untuk menuangkan pokok-pokok ajaranya dalam pembelajaran di kelas agar pelestarian nilai-nilai keluhuran budi dari para pendahulu dapat dilestarikan oleh para generasi muda. Kearifan lokal yang sarat makna menjadi materi ajar yang selain unik dengan falsafahnya juga mampu membawa suasana baru bagi pembelajaran di kelas. Siswa di bawa pada kajian materi ilmiah tentang prinsip hidup yang ada pada daerah mereka dan dibungkus dengan konsep penggunaan bahasa inggris dikelas. Hal ini membuat mereka bebas untuk mengekspresikan pengetahuan dasar mereka tentang kebiasaan adat istiadat kearifan lokal yang mereka rasakan setiap hari di masyarakat dalam konteks bahasa inggris yang mereka pelajari. Artikel ini di tulis menggunakan metode kualitatif untuk melihat jenis-jenis kearifan lokal yang ada dalam pendidikan di sulawesi selatan serta manfaatnya dalam keseharian masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menjaga, dan mengilhami para siswa melalui pembelajaran yang sarat dengan makna budaya di masa mendatang Kata Kunci: Kearifan Lokal, Pembelajaran bahasa Inggris
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal, Pembelajaran bahasa Inggris |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Nurleli Ramli |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:51 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5341 |
Actions (login required)
View Item |