Humaeroah, Humaeroah (2023) PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER MENUJU ERA 5.0 : PENERAPAN “ADA- ADA PAPPASENG” SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. In: PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER MENUJU ERA 5.0 : PENERAPAN “ADA- ADA PAPPASENG” SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 129-142. ISBN 978-623-8092-46-8
Text
Humaeroah_Bahasa Inggris.pdf Download (5MB) |
Abstract
Suku bugis memiliki nasehat “Ada-ada pappaseng” yang dapat guru terapkan dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam pappaseng terkandung ide berupa buah pikiran luhur, pengalaman jiwa berharga, dan pertimbangan-pertim-bangan luhur tentang sifat-sifat yang baik dan buruk sehingga baik untuk dijadikan sebagai kajian etnopedagogi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau ada-ada pappaseng yang di terapkan guru dalam pembelajaran sebagai bahan ajar dalam meningkatkan speaking, writing, dan reading. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kepustakaan atau literature review dengan data yang digunakan bersumber dari artikel yang relevan terhadap topik yang diteliti. Ada pappaseng tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Didalamnya terdapat pesan nilai menjadi patokan yang mengarahkan setiap tindakan dan perbuatan manusia terutama peserta didik, oleh karena itu sangatlah menarik jika mengintegrasikan ada-ada pappaseng sebagai bahan ajar pada mata pelajaran bahasa Inggris Kata Kunci: ada pappaseng, karakter, peserta didik
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ada pappaseng, karakter, peserta didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Nurleli Ramli |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:51 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5339 |
Actions (login required)
View Item |