Yusaerah, Nur (2023) POTENSI PIGMEN PEWARNA ALAMI PADA CORAK SONGKOK RECCA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA. In: POTENSI PIGMEN PEWARNA ALAMI PADA CORAK SONGKOK RECCA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 90-108. ISBN 978-623-8092-46-8
Text
Nuryuserah_Pembelajaran Kimia.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis budaya merupakan salah satu alat dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keinginan peserta didik dapat menerapkan pemahaman, bekerja sama, dan memahami keterkaitan antara berbagai pembelajaran, termasuk pembelajaran IPA. Songkok Recca adalah salah satu karya budaya masyarakat Bugis Bone, Sulawesi Selatan. Corak warna pada Songkok Recca dari emas (Au) murni mulai memudar, sehingga pewarna alami memiliki potensi yang besar sebagai pengganti warna Au dan kombinasi warna lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pewarna alami yang berpotensi sebagai corak warna dalam Songkok Recca. Metode kualitatif dengan studi kepustakaan yang bersumber dari jurnal, buku, atau artikelartikel ilmiah lainnya yang terkait digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pewarna alami pada corak warna Songkok Recca menjadi salah satu Sumber Pembelajaran IPA dengan pewarna alaminya meliputi ekstrak dari tumbuhan kunyit, tegeran, soga,mangga, kapundung, gambir sebagai corak warna kuning pengganti Au dan ekstrak tumbuhan juwet, singepur, rijasa sebagai sumber corak warna hitam, serta beberapa tumbuhan lainnya sebagai kombinasi warna milenial Songkok Recca seperti ekstrak tumbuhan randu dengan corak warna abu Kata Kunci: Pewarna alami, Songkok Recca, IPA.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pewarna alami, Songkok Recca, IPA. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | Nurleli Ramli |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:51 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5338 |
Actions (login required)
View Item |