Azmidar, Azmidar (2023) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MAKANAN TRADISIONAL MASYARAKAT MASSENREMPULU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In: EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MAKANAN TRADISIONAL MASYARAKAT MASSENREMPULU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 110-127. ISBN 978-623-8092-46-8

[thumbnail of Azmidar_Pembelajaran Matematika.pdf] Text
Azmidar_Pembelajaran Matematika.pdf

Download (5MB)

Abstract

Etnomatematika dikenal sebagai konsep matematis yang menyertakan unsur-unsur kebudayaan seperti permainan tradisional, makanan tradisional, rumah adat, lagu daerah, tarian daerah, dan warisan budaya lainnya pada aktivitas pembelajaran matematika. Masyarakat Suku Duri atau yang lebih dikenal dengan sebutan Massenrempulu memiliki beberapa makanan tradisional yang sering ditemukan pada acara formal ataupun non formal, di pasar tradisional setempat, danbahkan dijajakan di toko-toko sepanjang jalan sebagai oleh-oleh khas daerah Massenrempulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor konsep etnomatematika pada makanan tradisional masyarakat Massenrempulu. Metode kualitatif dengan pendekatan etnografi digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, dokumentasi, serta observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa beberapa makanan tradisional masyarakat Massenrempulu seperti dangke, deppa te’tekan, baje, dan dodol memuat unsur-unsur etnomatematika. Makanan khas tersebut memiliki konsep matematika yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran matematika khususnya pada saat pengenalan konsep-konsep geometri kepada siswa. Kata Kunci: Etnomatematika, Makanan Tradisional, Massenrempulu

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Makanan Tradisional, Massenrempulu
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:50
Last Modified: 24 Oct 2023 05:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item