Anugra, Novia (2023) KAJIAN ETNOBIOLOGI REU BALACUNG: PERBAN ALAMI MASYARAKAT ENREKANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA. In: KAJIAN ETNOBIOLOGI REU BALACUNG: PERBAN ALAMI MASYARAKAT ENREKANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 21-38. ISBN 978-623-8092-46-8

[thumbnail of Novia_Kajian Etnoboilogi.pdf] Text
Novia_Kajian Etnoboilogi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Etnobiologi merupakan bidang ilmu biologi tentang, biologi populasi, tumbuhan, hewan, dan lingkungan alam. Bagian dari etnobiologi adalah etnobotani berupa kajian tentang pemanfaatan tumbuhan secara tradisional oleh masyarakat tertentu dan telah diwariskan dari generasi ke generasi. Enrekang merupakan salah satu wilayah di Sulawesi selatan yang masyarakatnya memanfaatkan tanaman obat sebagai alternatif obat modern. Reu balacung adalah tanaman obat yang dimanfaatkan masyarakat Enrekang sebagai perban alami penyembuh luka. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian etnobiologi Reu balacung perban alami masyarakat Enrekang sebagai sumber pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). metode pengumpulan data berupa data-data kepustakaan yang telah dipilih, dicari, disajikan dan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian data (Data Display), Kesimpulan/ Verivikasi. Hasil penelitain menunjukkan bahwa Reu balacung memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka, dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA materi sistem peredaran darah. Kata Kunci: Etnobiologi, Reu balacung, Luka, Sumber Belajar IPA

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Etnobiologi, Reu balacung, Luka, Sumber Belajar IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:50
Last Modified: 24 Oct 2023 05:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item