Imranah, Imranah (2023) IDENTIFIKASI KONSEP ETNOKIMIA PADA PEMBUATAN LIPA'SABBE SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA. In: IDENTIFIKASI KONSEP ETNOKIMIA PADA PEMBUATAN LIPA’ SABBE SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare, pp. 1-19. ISBN 978-623-8092-46-8
Text
Imranah_Identifikasi Konsep Etnokimia pada Pembelajaran IPA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran yang diintegrasikan dengan budaya akan memberikan pembelajaran yang lebih bermakna bagi peserta didik, salah satunya yakni etnokimia. Etnokimia merupakan sebuah pembelajaran kimia yang diintegrasikan dengan budaya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep etnokimia yang terdapat pada proses pembuatan lipa sabbe. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan melalui studi kepustakaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik yang dibahas. Adapun artikel yang digunakan terdiri atas literature review yang telah ada sebelumnya dan artikel original empirical research atau artikel penelitian eksperimental yang mengambil data secara aktual. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran kimia yang diintegrasikan dalam pembuatan lipa sabbe dapat menjadi sebuah pembelajaran berbasis etnokimia sebagai sumber pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari prosespengolahan benang dan proses pewarnaan yang dapat diintegrasikan dengan beberapa materi kimia sebagai pembelajaran IPA, yakni materi dan energi, senyawa karbon, larutan dan campuran, larutan asam dan basa, sistem koloid, kovalen polar dan nonpolar, serta materi stoikiometri Kata Kunci: Etnokimia, Lipa Sabbe, Pembelajaran IPA
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnokimia, Lipa Sabbe, Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | Nurleli Ramli |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:50 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5331 |
Actions (login required)
View Item |