Ulfa, Maria (2023) Efektivitas Permainan Kotak Kartu Untuk Melatih Kemampuan Bahasa Anak Di Kelompok A TK Al-Khairaat Bungi Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1800.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan bahasa anak belum berkembang secara maksimal dan perlu dilatih dengan menggunakan permainan kotak kartu. Untuk itu perlu adanya pembaharuan dalam proses mengajar yang dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu dengan menyiapkan media pembelajaran salah satunya adalah permainan kotak kartu, permainan ini dilengkapi dengan gambar dan juga kata yang membantu anak dalam memahami gambar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta melihat Efektivitas Permainan Kotak Kartu Untuk Melatih Kemampuan Bahasa Anak Di Kelompok A TK Al-Khairaat Bungi Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mendeskripsikan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan penelitian yang diberikan yaitu uji kredibilitas dimana terdapat perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian dan member check. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari penelitian efektivitas permainan kotak kartu dalam melatih kemampuan bahasa anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dari observasi pertama sampai observasi keempat melalui aspek menyebutkan kata yang dikenal, menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan dan meniru menulis dan mengucapkan huruf dengan kategori BSB (berkembang sangat baik), BSH (berkembang sesuai harapan), MB (mulai berkembang), dan BB (belum berkembang). Dari observasi pertama hingga keempat terdapat 1 anak yang belum berkembang (BB), 6 anak mulai berkembang (BB), 4 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 4 anak berkembang sangat baik (BSB). Manfaat permainan kotak kartu bagi tenaga pendidik atau guru yaitu dapat digunakan sebagai media belajar bagi anak, pembelajaran lebih interaktif, sebagai media belajar dan sebagai sumber belajar yang dapat mengemabangkan rasa ingin tahu anak. Sedangkan bagi lembaga pendidikan yaitu dapat memperjelas isi pembelajaran dan mengatasi keterbatasan waktu atau ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa, Permainan Kotak Kartu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:20
Last Modified: 13 Oct 2023 08:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item View Item