Tamrin, Herul (2022) Strategi Promosi Akun Instagram Thrift “Sampah Mahal” Sebagai Media Komunikasi Pengenalan Fashion Thrift (Pakaian Bekas) pada Penikmat Thrifthing di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.3100.044 herul tamrin..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan internet saat ini masih banyak digunakan oleh beberapa kalangan dalam membantu kehidupan sehari-hari, termasuk untuk promosi. Kemunculan instagram sebagai media sosial yang dapat membantu kegiatan promosi dengan memanfaatkan fitur-fitur didalamnya. Sampah Mahal merupakan sebuah toko usaha pakaian bekas/thrift di Parepare yang memanfaatkan instagram untuk membantu kegiatan promosi mereka, dengan nama akun @sampah_mahal dengan 47,2 Ribu follower pada Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dari akun instagram @sampah_mahal. Dalam penelitian ini menggunakan teori Advertising Exposure Process dan Teori Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi akun instagram thrift “Sampah Mahal” sebagai media komunikasi pengenalan fashion thrift (pakaian bekas) pada penikmat thrifthing di Kota Parepare, owner dari sampah mahal memanfaatkan fitur-fitur yang ada di instagram dalam melakukan promosi. Sebab fitur-fitur di instagram memang cukup kompleks dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dalam mempromosikan suatu barang. Selain itu akses instagram dianggap lebih cepat dan dapat menjangkau lebih banyak pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi; Sampah Mahal; Fashion Thrift, Media Komunikasi.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:56
Last Modified: 17 Oct 2023 01:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5080

Actions (login required)

View Item View Item