H, Agus Setiawan (2023) Strategi Guru Fiqih Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Menggunakan Literasi Digital di MA Ma’had DDI Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1100.103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai kemampuan belajar yang berbeda-beda. Dalam melakukan kegiatan belajar akan mengalami kesulitan belajar, baik kesulitan dalam memahami materi pelajaran, kesulitan berkonsentrasi dalam menerima pelajaran maupun dengan kesulitan-kesulitan belajar lainnya. Dengan kemajuan IPTEK dan pemanfaatan literasi digital, guru mampu menggunakan dan memahami perangkat digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik di MA Ma’had DDI Pangkajene serta mengetahui strategi guru fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik menggunakan literasi digital. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MA Ma'had DDI Pangkajene. Adapun fokus penelitian adalah kesulitan belajar fiqih Peserta didik dan strategi guru fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar menggunakan literasi digital kelas XI IPA di MA Ma’had DDI Pangkajene. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan model analisis data miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar fiqih peserta didik yaitu peserta didik kurang bersemangat dalam proses pembelajaran, intelegensi akademik yang kurang, gangguan perkembangan kebahasaan, banyaknya materi yang diajarkan, tidak kondusifnya waktu belajar peserta didik, dan kurang perhatiannya peserta didik, (2) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar fiqih peserta didik kelas XI IPA MA Ma’had DDI Pangkajene disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekternal. Faktor internal meliputi daya serap dan minat dan motivasi peserta didik sedangkan faktor ekternal melipiti pengaruh internet, kuota internet, dan sarana pembelajaran, (3) strategi guru fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik menggunakan literasi digital di kelas XI IPA MA Ma’had DDI Pangkajene yaitu memberikan pemahaman akan pentingnya literasi digital, menyiapkan link-link pembelajaran, dan menggunakan aplikasi-aplikasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk untuk meningkatkan kreativitas dan meningkatkan minat dan motivasi belajar dalam pembelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Fiqih, Strategi Guru, Literasi Digital.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:50
Last Modified: 11 Oct 2023 02:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item View Item