Ismawati, Ismawati (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Bacaan Shalat 5 Waktu Peserta Didik Kelas IV di UPTD SD Negeri 9 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.1100.073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Strategi adalah kegiatan yang terencana secara sistematis yang ditujukan untuk menggerakkan peserta didik agar mau melakukan kegiatan belajar. Adapun strategi yang dilakukan oleh guru yaitu untuk mengatasi kesulitan menghafal bacaan shalat peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 9 Parepare. Kesulitan menghafal adalah suatu kondisi proses menghafal yang terganggu yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan atau kendala-kendala untuk mencapai hafalan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menghafal bacaan shalat 5 waktu dan faktor penyebab kesulitan dalam menghafal bacaan shalat 5 waktu peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri 9 Parepare serta mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan menghafal bacaan shalat 5 waktu. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 yaitu observasi (jenis observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis observasi partisipan), wawancara (jenis wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis wawancara terstruktur), dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu uji kredibilitas, uji keteralihan (transferability), uji ketergantungan (dependability), uji kepastian (konfirmaility). Adapun untuk menganalisis data yang digunakan peneliti peroleh yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di UPTD SD Negeri 9 Parepare menunjukkan bahwa 1) kurangnya minat dan motivasi dalam menghafal, tidak memiliki minat untuk menghafal bacaan shalat terkadang membosankan dan merasa mengantuk ditambah lagi peserta didik memiliki kemampuan menghafal/mengingat kurang baik, peserta didik yang tidak atau kurang mengetahui bacaan tulisan arab, dan bacaan al-Qur’an yang masih belum lancar. 2) Faktor penyebab kesulitan menghafal bacaan shalat 5 waktu peserta didik disebabkan oleh dua faktor yaitu pertama faktor internal yaitu tingkat intelegensi berbeda-beda peserta didik seperti mengingat hafalan, kemampuan membaca tulisan arab yang berbeda-beda, serta minat dan motivasi peserta didik yang kurang. Sedangkan Faktor kedua yaitu faktor ekternal meliputi pengaruh gadget, pengaruh lingkungan dan keluarga. 3) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan menghafal bacaan shalat 5 waktu peserta didik ialah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dengan metode card sort.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Menghafal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:24
Last Modified: 11 Oct 2023 07:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item View Item