Rismal, Andi Muhammad (2023) Korelasi Antara Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Kesulitan Belajar PAI di Kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text (full text)
18.1100.018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sarana yang begitu penting untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk menjamin kelangsungan hidup dan kemajuan suatu bangsa melihat realita minimnya SDM yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh berkembangnya pendidikan di dunia, termasuk di Indonesia saat ini. Berdasarkan observasi awal peneliti, terdapat korelasi antara penggunaan model problem based learning dengan kesulitan belajar PAI di kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas penggunaan model problem based learning dengan kesulitan belajar PAI, tingkat kesulitan belajar PAI dan korelasi antara penggunaan model problem based learning dengan kesulitan belajar PAI. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 35 peserta didik dan jumlah sampel sebanyak 35 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi serta mengelolah data-data yang diperoleh dari lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Tingkat intesitas penggunaan model problem based learning di kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare adalah 73% dari kriterium yang ditetapkan, artinya intesitas penggunaan model problem based learning berada dalam kategori sedang. (2) Tingkat kesulitan belajar PAI di kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare adalah 64% dari kriterium yang ditetapkan, artinya tingkat kesulitan belajar PAI berada dalam kategori rendah. (3) Terdapat korelasi antara problem based learning (X) dengan kesulitan belajar PAI (Y) di kelas XI.IPS.3 SMAN 1 Kota Parepare. Kontribusi yang disumbangkan problem based learning (X) terhadap kesulitan belajar PAI (Y) adalah sebesar 29,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kesulitan Belajar PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | azaliya azaliya naim |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:09 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:09 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5040 |
Actions (login required)
View Item |