Indah, Indah (2020) Pendekatan Guru Dalam Pembinaan Mental Beragama Pesertat Didik Di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.
Text (full text)
17.1100.046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendekatan guru dalam pembinaan mental beragama peserta didik di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang kab. Pinrang?. (2) faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pembinaan mental beragama peserta didik di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang kab. Pinrang?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pendekatan guru dalam pembinaan mental beragama peserta didik di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kab. Pinrang. (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan mental beragama peserta didik di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kab. Pinrang. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengandalkan sumber data primer, guru, dan sumber data sekunder, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan data sekolah. Dalam mengumpulkan informasi digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data adalah metode yang digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan guru dalam pembinaan mental beragama peserta didik di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kab. Pinrang yaitu pendekatan pengalaman seperti ketika bulan ramadhan peserta didik diwajibkan melaksanakan puasa. Pendekatan pembiasaan yaitu seperti selalu bersikap sopan dan santun, memberi salam ketika pembiasaan shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah. Pendekatan emosional seperti yang dilakukan dengan ceramah, bercerita kisah-kisah melalui penayangan video. Pendekatan rasional seperti memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai perbuatan yang baik, lebih baik dan yang tidak baik dengan menggunakan akalnya. Pendekatan fungsional seperti memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan menakankan pada segi kemanfaatan. Pendekatan keteladanan yaitu memberikan contoh keteladanan yang dapat ditiru oleh peserta didik, seperti ketika guru mengarahkan kemushallah untuk shalat ketika selesai maka guru ikut melaksanakan shalat berjamaah dengan peserta didik. (2) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan mental beragama peserta didik di MTs Tarbiyah Al-Azhar Tiroang Kab. Pinrang yaitu faktor teman sebaya dan faktor lingkungan sekolah merupakan faktor pendukung. Kemudian adapun faktor penghambat yaitu keterlambatan peserta didik, kurangnya kedisiplinan peserta didik, sarana dan prasarana, faktor lingkungan keluarga serta faktor teknologi informasi dan komunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Guru, Pembinaan Mental Beragama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | azaliya azaliya naim |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 01:47 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 01:48 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5031 |
Actions (login required)
View Item |