Wahdaniyah, Rifqa (2022) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Peningkatan Daya Saing (Studi Pada MAN dan SMA di Kota Parepare). Masters thesis, IAIN PAREPARE.
Text (full text)
2020203860102017 Rifqa.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang strategi pemasaran jasa pendidikan, analisis SWOT strategi pemasaran, dan analisis peningkatan daya saing pada MAN 2 Parepare dan SMA Negeri 5 Parepare. Hal ini didasari pada persaingan lembaga pendidikan yang semakin ketat, dan pentingnya perencanaan strategi pemasaran pada lembaga pendidikan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis SWOT strategi pemasaran jasa pendidikan dan analisis peningkatan daya saing pada MAN 2 Parepare dan SMA Negeri 5 Parepare. Pendekatan penelitian metode kualitatif. Sumber data adalah kepala/wakil kepala sekolah/madrasah, guru/staf/pegawai, dan siswa; alat pengumpulan data yaitu pedoman wawancara;teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi; dan pengujian keabsahan data yaitu uji triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Strategi pemasaran jasa pendidikan yang diterapkan pada MAN 2 Parepare dan SMA Negeri 5 Parepare adalah strategi promosi dan strategi produk. (2) Hasil skor analisis SWOT melalui matriks faktor internal dan eksternal MAN 2 Parepare diperoleh hasil skor akhir IFAS adalah 0,65, sedangkan skor akhir EFAS adalah 0,50. Hasil skor analisis internal dan eksternal di SMA Negeri Parepare diperoleh hasil skor akhir IFAS 3,80, sedangkan skor akhir EFAS 0,35. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa strategi berada di kuadran SO (Strenghts-Opportunities) yang mendukung strategi agresif; (3) Daya saing MAN 2 Parepare dan SMA Negeri 5 Parepare dilihat dari penerapan strategi pemasaran yang memenuhi keempat indikator peningkatan daya saing lembaga pendidikan. Hasil analisis menunjukkan terjadi peningkatan daya saing pada MAN 2 Parepare dan SMA Negeri 5 Parepare.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Daya Saing. |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | azaliya azaliya naim |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 01:08 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 01:08 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4531 |
Actions (login required)
View Item |