Khatimah, Husnul (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Kelas XI IPA2 di MA Putri DDI Mangkoso. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
19.0211.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor dalam meningkatkan minat belajar pesertadidik Kelas XI IPA2 di MA Putri DDI Mangkoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran outdoor dapat meningkatkan minat belajar peserta didik XI IPA2 di MA Putri DDI Mangkoso. Metode yang digunakan penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, desain yang digunakan Quasi Experimental Design digunakan bentuk Pretest-posttes Control Group Design dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random, kemudian diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan jumlah 101 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan teknik non probability sampling yaitu sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini berjumlah 49 peserta didik yang terdiri dari 24 peserta didik kelas eksperimen dan 25 peserta didik kelas kontrol, instrumen yang digunakan adalah observasi daftar ceklis, dan tes minat bealajar peserta didik dari 15 item pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Minat belajar peserta didik di MA Putri DDI Mangkoso sebelum pemberlakuan pembelajaran outdor dilakukan tes pada kelas eksperiman dengan rata rata jumlah nilai 66,72 % termasuk kategori sedang dengan nilai minimum 52 dan maksimum 74. Jadi hasil minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen termasuk kategori sedang sebelum pemberlakuan pembelajaran outdoor (2) Hasil pre-tes pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata rata 66,72% setelah pemberlakuan pembelajaran outdoor dilakukan post-test dengan nilai rata-rata 84,93% sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pre-test dengan nilai 69,57% setelah dilakukan pembelajaran di kelas dengan nilai rata-rata 69,69 %. Jadi pada kelas eksperimen terjadi peningkatan dikarenakan dalam proses pembelajaran diberikan perlakuan berupa metode outdoor leraning. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t-tes nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Hasil tes awal dan tes akhir mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan statistika deskriptif tes awal dan tes akhir terbukti tes akhir lebih tinggi. berarti ada peningkatan yang signifikan penerapan metode pembelajaran outdoor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI IPA2 di MA Putri DDI Mangkoso.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran outdoor, minat belajar peserta ddik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:45
Last Modified: 16 Jan 2023 00:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item