Mardani, ST (2022) Penggunaan Media Visual Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatan Hasil Belajar PAI dan BP Peserta Didik SDN No 2 Kampung Baru Kabupaten Majene. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
19.0211.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaana media visual sparkol videoscribe untuk meningkatan hasil belajar PAI dan BP peserta didik SDN No 2 Kampung Baru Kabupaten Majene dibandingkan tidak menggunakan media visual sparkol videoscribe. Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media visual Sparkol Videoscribe hasil belajar PAI dan BP peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SDN No 2 Kampung Baru Kabupaten Majene. Instrumen utama penelitian ini adalah instrumen tes. Populasi penelitian berjumlah 110 orang peserta didik. Sedangkan sampel berjumlah 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan 28 orang lagi sebagai kelompok kontrol. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media visual sparkol videoscribe hasil belajar PAI dan BP peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari kelompok eksperimen menunjukkan predikat baik, sedangkan untuk kelompok kontrol hanya menunjukkan predikat cukup baik. Setelah dianalisis data dengan menggunakan uji t, pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,569 > 0,05 berdasarkan kriteri penilaian maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan dengan penggunaan media visual Sparkol Videoscribe hasil belajar PAI peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP mengalami peningkatan secara signifikan di SDN No. 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media visual sparkol videoscribe dan hasil belajar PAI dan BP.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:03
Last Modified: 16 Jan 2023 07:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item View Item