Muharrir, Muharrir (2022) Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1100.058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Proses pembelajaran harus terlaksana tanpa tekanan dan intimidasi didalamnya, sehingga peserta didik memiliki motivasi untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Dalam meningkatkan motivasi peserta didik dibutuhkan strategi yang bisa mencairkan suasana pembelajaran, yaitu Ice Breaking. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII sebelum penerapan Ice Breaking. (2) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII setelah penerapan Ice Breaking. (3) peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII setelah penerapan Ice Breaking. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian pre-experimental one gorup pretest-postest design, pengumpulan data dengan cara kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII sebelum penerapan Ice Breaking diperoleh jumlah peserta didik dengan motivasi pada kategori sangat tinggi sebanyak 2 peserta didik, kategori tinggi sebanyak 19 peserta didik dan kategori sedang sebanyak 35 peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan 74% artinya motivasi belajar PAI peserta didik sedang(2) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII setelah penerapan Ice Breaking diperoleh jumlah peserta didik dengan motivasi sangat tinggi sebanyak 21 peserta didik, kategori tinggi sebanyak 23 peserta didik dan kategori sedang sebanyak 12 peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan 81% artinya motivasi belajar PAI peserta didik Tinggi (3) peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII setelah penerapan Ice Breaking Terdapat ditandai dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05 yang memiliki makna H0 ditolak dan H1 diterima.Peningkatan motivasi belajar PAI pada peserta didik setelah penerapan Ice Breaking sebesar 55.2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ice Breaking, Motivasi Belajar,Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Khaerul |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:39 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:39 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4385 |
Actions (login required)
View Item |