Haslina, Suci Nur (2022) Peran Ganda Guru PAI Sebagai Pembimbing dan Pendidik Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di SMK Negeri 5 Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1100.076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Peran ganda guru PAI adalah dua peran yang dilakukan oleh seorang guru yaitu sebagai pembimbing dan pendidik. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap lembaga pendidikan, karakter peserta didik itu bermacam-macam, ada yang mudah diarahkan, ada juga butuh waktu untuk bisa mengarahkan peserta didik tersebut, bahkan ada peserta didik yang sudah melebihi kenakalan yang semestinya. Adapun rumusan masalah ialah: 1) Bentuk kenakalan peserta didik di SMK Negeri 5 Sidrap, 2) Faktor yang mendukung dan menghambat guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMK Negeri 5 Sidrap, 3) Peran ganda guru PAI sebagai pembimbing dan pendidik dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMK Negeri 5 Sidrap. Adapun tujuan penulisan skripsi ini antara lain: 1) Untuk mengetahui bentuk- bentuk kenakalan peserta didik di SMK Negeri 5 Sidrap, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik, 3) Untuk mengetahui peran ganda guru PAI sebagai pembimbing dan pendidik dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMK Negeri 5 Sidrap. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data penelitian ini diperoleh oleh data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kenakalan peserta didik di SMK Negeri 5 Sidrap, seperti: terlambat ke sekolah, bolos, tidak mengikuti sholat dzuhur berjamaah, kurang memperhatikan pembelajaran, suka mengganggu antara satu sama lain, dan berkelahi. 2) Faktor pendukung guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik, ialah peserta didik yang bersikap terbuka, pihak sekolah, dan orang tua peserta didik. Adapun faktor penghambat guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik ialah peserta didik yang bersikap tertutup, kontrol diri yang lemah, keluarga, lingkungan tempat tinggal yang kurang baik, teman sebaya yang kurang baik, pengaruh HP, jarak sekolah kerumah, dan orang tua yang GAPTEK. 3) Peran ganda guru PAI sebagai Pembimbing dan pendidik. Peran guru PAI sebagai pembimbing terbagi 4, yaitu: informatori, fasilitator, mediator, dan kolaborator. Adapun peran guru PAI sebagai pendidik juga terbagi 4, yaitu: motivator, fitur teladan, transformator, dan pemimpin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Ganda Guru PAI, Kenakalan Peserta Didik, Pembimbing dan Pendidik. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Khaerul |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:28 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:28 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4382 |
Actions (login required)
View Item |