Akkas, Ainun Annisa (2022) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pelajaran IPA kelas VI SDN 3 Maccorawalie. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.84206.005 AINUN ANNISA AKKAS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Snowball Throwing merupakan salah satu model dari pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran lempar bola salju merupakan model pembelajaran dimana peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap anggota kelompok membuat pertanyaan. Saat membentuk kelompok, peserta didik dipilih secara acak atau heterogen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa model pembelajaran lempar bola salju dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN3 Maccorawalie. Dan juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN 3 Maccorawalie. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang akar masalahnya muncul di kelas, dan diketahui oleh guru. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki atau mengatasi masalah yang muncul selama proses pembelajaran. Penelitian tindakan di kelas ini akan dilakukan dengan perubahan kearah peningkatan dan perbaikan dalam proses pembelajaran. peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran pada materi pubertas dan perkembangbiakan tumbuhan dan hewan dengan menggunakan metode Snowball Throwing menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dikarenakan kegairahan dan semangat peserta didik sangat terlihat jelas saat pembelajaran ini dilakukan. Komunikasi antar beberapa kelompok peserta didik juga telah terjalin, dan rasa ingin tahu peserta didik tentang tentang isi pertanyaan bola lempar bola salju meningkat, dan peserta didik sangat bersemangat untuk mencoba menangkap bola pertanyaan. peserta didik juga terlatih untuk mengulang materi yang telah dipelajari dalam metode lempar bola salju. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada Siklus I, terdapat 21 peserta didik yang memperoleh nilai ≥ 75. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada kondisi awal peserta didik sebelum menggunakan metode Snowball Throwing yaitu dari 33,33% menjadi 53,84%. Kemudian pada Siklus II hasil yang dicapai meningkat menjadi 82,05%, berdasarkan hasil yang dicapai pada Siklus I dan Siklus II. Penerapan media pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar pelajaran IPA kelas VI SDN 3 Maccorawalie dikatakan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 21 Oct 2022 08:38
Last Modified: 21 Oct 2022 08:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item View Item