Wahyuni, Sri (2022) Peningkatan Pemahaman Materi Ekosistem Melalui Model Kooperatif Tipe Picture Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 34 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.84206.022.pdf] Text
18.84206.022.pdf

Download (13MB)

Abstract

Persoalan utama pada penelitian adalah rendahnya capaian KKB peserta didik kelas IV SD Negeri 34 Parepare yang memengaruhi tingkat pemahaman peserta didik materi Ekosistem. Faktor yang mengakibatkan ketuntasan berguru peserta didik minim adalah strategi dan media yang diterapkan cenderung membuat peserta didik hanya mendengarkan dan materi berpusat pada pendidik. Penelitian ini dibuat II siklus sebanyak 6 pertemuan. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada bidang pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi ekosistem pada peserta didik kelas IV SD Negeri 34 Parepare. Penelitian menerapkan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Untuk menguraikan data skor hasil tes materi ekosistem digunakan teknik analisis kuantitatif yaitu persentase rata-rata, sekunder daviasi dan grafik. Sedangkan data berupa hasil pengamatan digunakan teknik analisis kualitatif yaitu dengan mreringkas dan menguraikan hasil penelitian melalui observasi pengamat. Hasil yang diperoleh dari observasi peserta didik oleh peneliti menunjukkan pengaplikasian model kooperatif picture and picture membuat peserta didik bersemangat, menikmati dan cakap. Indikator keberhasilan ditinjau berdasarkan ketuntasan nilai peserta didik dimana rata-rata minimum KKB ≥70 dengan persentase minimal 85 %. Hasil menunjukkan persentase ketuntasan telah memenuhi KKB pada siklus I mencapai 58,33%, sehingga belum memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Prosedur penerapan model kooperatif tipe picture and picture pada tindakan Siklus II dilakukan dengan pembentukan kelompok, dan memberikan penugasan dalam bentuk gambar yang perlu disusun bersama teman kelompok. Persentase nilai peserta didik yang melebihi KKB pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,89%. Sesuai hasil analisis, dapat disimpulkan dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picture mampu menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi ekosistem kelas IV SD Negeri 34 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kooperatif tipe picture and picture, pembelajaran, ekosistem.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 21 Oct 2022 08:22
Last Modified: 21 Oct 2022 08:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4195

Actions (login required)

View Item View Item