Rahmatullah, Rahmatullah (2022) Peranan Manajerial Guru dalam Mengelola Pembelajaran Online pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi”. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.1900.018.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajerial guru yang diterapkan dalam pembelajaran online di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan manajerial Guru dalam mengelola pembelajaran online pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi, serta memaparkan kendala-kendala yang dihadapi oleh Guru dalam mengelola pembelajaran online pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari beberapa informan dan dokumen yang berkaitan. Peneliti memilih beberapa informan yaitu Kepala Madrasah, Guru, dan Wakamad Bidang Kurikulum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan manajerial guru dalam mengelola pembelajaran online pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi mencakup kegiatan merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengevaluasi pembelajaran online. Adanya peran manajerial guru, dapat mencapai tujuan pembelajaran karena dengan perencanaan guru yang baik akan menciptakan pembelajaran online yang optimal pula. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengelola pembelajaran online pada peserta didik di Madrasah tsanawiyah DDI Takkalasi ialah terletak pada pelaksanaannya yang mengakibatkan pembelajaran online kurang optimal. Adapun kendala yang dihadapi yaitu di mana guru kesulitan dalam hal menyampaikan materi pembelajaran karena peserta didik memiliki keterbatasan kuota dan jaringan internet, kurangnya minat belajar peserta didik selama pandemi, kurangnya fasilitas penunjang pembelajaran online yang tidak semua dimiliki oleh peserta didik, dan kurangnya pemahaman guru terhadap aplikasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajerial guru, pembelajaran online, kendala pembelajaran online.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:03
Last Modified: 20 Oct 2022 08:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item View Item