Rahma, St (2022) Peranan Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah DDI Lil-banat Ujung Lare Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
17.1900.026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Supervisi pembelajaran merupakan usaha manstrimulir, menkoodiner, dan membimbing pertumbuhahan pendidik-pendidik di madrasah, baik secara individual maupun kelompok, dengan tenggang rasa dan tindakan-tindakan pedagogik yang efektif, sehingga mereka lebih mampu menstrimulir dan membimbing pertumbuhan masing-masing peserta didik agar lebih mampu berpartisipasi di dalam masyarakat demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah DDI Lil-banat Ujung Lare Parepare serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data penulis melakukan wawancara langsung dengan nara sumber, observasi, dokumentasi dan uji keabsahan data dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi di Madrasah Aliyah DDI Lil-banat Ujung Lare Parepare pembelajaran yang dilakukan oleh kepala madrasah ditandai dengan melalui dengan membuat perencanaan jadwal supervisi, pelaksanaannya menggunakan model, pendekatan dan tekhnik supervisi, observasi kelas dilakukan dengan menggunakan instrumen, dan menindaklanjuti supervisi: (2) Peranan Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah DDI Lil-banat Ujung Lare Parepare: Peran sebagai kepala madrasah sebagai pemimpin dan melakukan pengawasan dalam pengajaran secara teratur dan kontinyu, pengawasan atau monitoring dan evaluasi terhadap kinerja para guru dan karyawan secara terjadwal dan kontinyu, meningkatkan komitmen dalam bekerja, juga hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh guru dan harus disesuaikan dengan juknis yang ada dan kepala madrasah sebagai suri tauladan yang selalu memberi contoh pada para guru dan karyawan dalam menjalankan tugas dan kewajiban akademik di sekolah: (3) Faktor pendukung adalah kemampuan kepala madrasah dalam memimpin para guru-guru untuk mengembangkan kemampuan kinerjanya masing-masing dan penghambat dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah DDI Lil-banat Ujung Lare Parepare yaitu Fasilitas sarana dan prasarana yang terbatas dan tidak ada perencanaan dalam menyelesaikan perangkat pembelajaran tidak semangat dalam menjalankan tugas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Madrasah, Kinerja Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 08:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 08:01 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4162 |
Actions (login required)
View Item |