Sarina, Sarina (2022) Internalisasi Nilai Karakter Jujur, Mandiri dan Tanggung jawab dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII MTs DDI Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.001 SARINA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter sangat penting diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia untuk mengatasi kemerosotan moral yang dialami siswa di zaman sekarang ini. Dengan arus globalisasi, banyak dampak buruk yang telah membawa kepastian usia pelajar saat ini semakin menurun. Oleh karena itu, seorang siswa tidak cukup hanya diberikan materi pembelajaran saja, tetapi juga harus dibekali dengan pelatihan kepribadian yang baik, yang tentunya dapat bermanfaat di kemudian hari untuk menjadikannya pribadi yang hebat. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui proses pengimplementasian nilai karakter jujur, mandiri dan tanggung jawab dalam pelajaran IPS di kelas VIII MTs DDI Kanang, (2) mengetahui serta menguraikan implikasi internalisasi nilai karakter jujur, mandiri dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS di kelas VIII MTs DDI Kanang. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dilengkapi dengan teknis analisis data meggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penginternalisasian nilai karakter jujur, mandiri dan tanggung jawab dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII MTs DDI Kanang diketahui melalui proses belajar mengajar di kelas dengan berpacu pada RPP yang telah dibuat yang diawali dengan kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan penutup yang didalam proses belajar mengajar terselip nasehat dan motivasi penginternalisasian karakter siswa, (2) Implikasi internalisasi nilai karakter jujur, mandiri dan tanggung jawab dalam pembelajran IPS di kelas VIII MTs DDI Kanang yaitu peserta didik dapat memahami materi dengan baik dan mampu bersikap jujur dan mandiri ketika mengerjakan soal, tidak mengharapkan bantuan dari orang lain dan juga peserta didik mampu mengerjakan tugas yang telah diberikan dengan baik dan tepat waktu dan dapat berbuat baik kepada siapapun serta mencerminkan karakter santri madrasah yang baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai Karakter Jujur, Mandiri dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:55 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:55 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4130 |
Actions (login required)
View Item |