Zulkarnaen, Moh (2022) Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Mappadendang Sebagai Sumber Pembelajaran IPS di MTs DDI Amparita, Kec. Tellu Limpoe, Kab. Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kajian utama dalam penelitian ini adalah Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Mappadendang Sebagai Sumber Pembelajaran IPS di MTs DDI Amparita yang disebabkan oleh ada era globalisasi yang mengubah paradigma pembelajaran tradisional ke paradigma pembelajaran modern. Fakta yang terjadi lingkungan masyarakat, bahwasanya pengetahuan masyarakat dan generasi muda mengenai nilai kearifan lokal nusantara dan budaya bangsa Indoenesia sudah mengalami penurunan dan tergerus oleh adanya perkembangangan modernisasi dan era globalisasi, maka diperlukan pengembangan tradisi kearifan lokal daerah setempat yang mempunyai banyak nilai-nilai yang bisa dilestarikan dan dijadikan sebagai sumber dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, Data dalam proses penelitian diperoleh dari data primer berupa tokoh adat/budaya dan guru IPS MTs DDI Amparita dan data sekunder berupa buku, jurnal, dan referensi yang berkaitan dengan data yang relevan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dilengkapi dengan teknis analisis data meggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kearifan lokal tradisi mappadendang, nilai-nilai yang dapat diambil sebagai sumber pembelajaran dianataranya: 1) Nilai gotong-royong, 2) Nilai Kekeluargaan, 3) Tercipta masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi, 4) Nilai Kebersamaan dan 5) Nilai cinta akan budaya khususnya kearifan lokal tradisi mappadendang. Melalui media mappadendang, para tenaga pengajar juga dapat mengimplementasikan tardisi mappadendang sebagai sumber pembelajaran berupa sebuah modul interaksi sosial yang berhubungan dengan kebudayaan/tradisi mappadendang. Maka dengan ini pada proses pembelajaran di sekolah/madrasah memerlukan pentingnya pengangkatan kembali nilai-nilai kearifan lokal, khususnya pada nilai kearifan lokal bugis-makassar, agar kearifan lokal terjaga eksistensinya dan para generasi muda memiliki kesadaran untuk melestarikan kearifan lokal sehingga generasi mendatang tetap mengenal tradisi kearifan lokal bangsa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Kerifan Lokal, Tradisi Mappadendang, Sumber Pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:00
Last Modified: 14 Oct 2022 04:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4129

Actions (login required)

View Item View Item