Fitriah, Fitriah (2022) Pengaruh Gaya Beajar Siswa dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS di MA DDI Lombo’na Majene. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
17.1700.020.pdf Download (8MB) |
Abstract
Berbagai macam hal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dapat dilihat faktor pendorong dari luar siswa maupun faktor dari dalam diri siswa itu sendiri. Untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, tentu guru memiliki banyak ide bagaimana caranya agar siswanya mendapatkan nilai yang memuaskan, dengan gaya belajar mereka yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk mendapatkan nilai yang memuaskan perlu adanya guru yang kreatif yang mampu mengimbangi gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Sehingga guru yang kreatif dan gaya belajar siswa yang beragam berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar siswa dan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Aliyah DDI Lombo’na. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah DDI Lombo’na. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya belajar siswa dan kreativitas guru, sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, dan XII Madrasah Aliyah DDI Lombo’na sebanyak 50 siswa. Dalam pengumpulan data digunakan metode kuesioner/angket untuk mengukur pengaruh gaya belajar siswa dan kreativitas guru dengan prestasi belajar siswa, sedangkan prestasi belajar siswa menggunakan nilai raport Hasil hipotesis dengan menggunakan uji regresi sederhana variabel gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa sebesar T hitung = 2,704 dan T tabel = 2,011, karena nilai T hitung > T table maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dan hasil hipotesis variabel kreativitas mengajar guru dengan prestasibelajar siswa sebesar T hitung = 2,879 dan T tabel = 2,011 oleh karena T hitung > T tabel maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Sedang variabel gaya belajar siswa (X1) dan kreativitas mengajar guru (X2) dengan prestasi belajar siswa(Y) sebesar F hitung = 4,260 dan F tabel = 3,19, oleh karena F hitung > F tabel maka artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara gaya belajar siswa dan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah DDI Lombo’na Majene
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar Siswa, Kreativitas Guru, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:48 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:48 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4128 |
Actions (login required)
View Item |