Azizah, Nur (2022) Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sdn 66 Cappakala Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
16.1100.014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Keterlibatan orangtua merupakan partisipasi, perhatian, keikut sertaan dalam mendukung pendidikan anaknya dalam hal ini adalah peserta didik. Pencapaian hasil belajar peserta didik merupakan suatu hasil yang diperoleh atau dicapai peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran yang dinilai dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam d isdn 66 cappakala kab. Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitatif asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 173 peserta didik dan dijadikan sampel sebanyak 63 peserta didik. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling dan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan analisis dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua peserta didik di SDN 66 Cappakala Kab. Pinrang termasuk dalam kategori kuat yaitu 85,74% dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Pencapaian hasil belajar pesrta didik di SDN 66 cappakala kab. Pinrang. Termasuk kategori sangat kuat yaitu 89,73% dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh keterlibatan orang tua terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SDN 66 cappakala. Diketahui nilai R square sebesar 0,879 nilai tersebut menunjukkan bahwa besarnya konstribusi keterlibatan orang tua peserta didik (X) terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam (Y) sebesar 87,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orang Tua, Hasil Belajar, Peserta Didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Khaerul |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 04:26 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 04:26 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4124 |
Actions (login required)
View Item |