Syam, Muhaammad Swadiq (2021) Kreativitas Guru PAI dalam Mendesain Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPNegeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.1100.062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penenlitian ini di latar belakangi oleh Melihat realita sekarang kurangnya perhatian siswa pada saat pembelajaran hal tersebut di akibatkan pembelajaran yang terkesan monoton. Sehingga dalam pada saat pembelajaran siswa memiliki kesibukan di luar konteks pembelajaran, seperti mengobrol, kurang semangat dalam menerima pembelajaran, dan tidur saat jam pelajaran, hal ini menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran masi kurang berjalan aktif, efektif, dan kreatif maka hal ini berdempak pada prestasi belajar siswa. Oleh karena itu kreativitas guru memang hal yang sangat krusial dalam mengajar terutama dalam hal mendesain, merencanakan, metode pembelajaran sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam hal ini guru PAI bertanggung jawab atas tercapainya tujuan pendidikan. Maka dari itu penulis tertarik atau termotivasi mengadakan penelitian lebih lanjut tentang Kreativitas Guru PAI dalam Mendesain Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar siswa di SMP Negeri 1 Patampanua Kabuputen Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kreatvitas Guru PAI dalam Mendesain Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Penelitan menggunakan pendekatan kualitatif bentuk deskriftif kualitatif. Dalam pengumpalan data penulis Mengunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriftif kualitatif yang bersifat induktif dengan pendekata model analisis data Miles dan Huberman. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan yaitu credebility (validitas interbal), depanbalitiy (realibilitas), dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kreativitas Guru PAI dalam Mendesain Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa di SMP Negeri 1 Patampanua terlihat mulai dari mendesain, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran. Kreativitas guru dalam merencanakan pembelajaran terlihat pada saat guru merencanakan dan menentukan metode yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan selalu memperhatikan kondisi dan karakter siswa. Guru memiliki kreativitas dalam mendesain metode pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang beragam dan bervariasi. Guru dan siswa pun saling bersinergi dalam pembelajaran, siswa sangat memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, aktif dalam pembelajaran dan guru menerapkan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran. (2) Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Patampanua sudah baik, diketahui dengan hasil wawancara, dan nilai lapor siswa. Selain itu jika ada nilai siswa yang kurang maka guru PAI melakukan pendekatan dengan remedial agar nilainya bisa menyusul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru PAI , Desain Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:16
Last Modified: 14 Oct 2022 04:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4119

Actions (login required)

View Item View Item