Fadilah, Indah (2020) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Di MAN Pangkep. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.1100.067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk reward di MAN Pangkep, mengetahui motivasi belajar fikih di MAN Pangkep, mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di MAN Pangkep. untuk mengetahui ketiga tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk asosiatif dan dalam pengumpulan data digunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis statistik dekskiptif dan inferensial.. Penghargaan sebagai salah satu metode pembelajaran, mempunyai beberapa bentuk, yaitu berupa materi dan non materi. Bentu materi berupa benda-benda yang menyenangkan dan berguna bagi peserta didik, sedangkan penghargaan berupa non materi yaitu berupa kata-kata menggembirakan (pujian), ucapan selamat atas prestasi, pemberian tepuk tangan, guru mengangguk angguk tanda senang dan membenarkan suatu jawaban. Sedangkan bentuk reward yang digunakan oleh guru mata pelajaran fikih yaitu penghargaan berupa non materi yang diberikan kepada peserta didik. Berdasarkan data yang terlihat pada tabel distribusi frekuensi bahwa jika motivasi belajar fikih peserta didik berada kategori tinggi yaitu 85%. Pengaruh pemberian reward tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti pada peserta didik di MAN Pangkep. dimana hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemberian reward mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar fikih peserta didik di MAN Pangkep. hal ini berdasarkan uji signifikansi korelasi. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa rhitung = 0,000 sedangkan ftabel 0,270 pada taraf kepercayaan 1% . sehingga dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X dengan Variabel Y . sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh reward terhadap motivasi belajar fikih peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reward, motivasi, belajar fikih.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:08
Last Modified: 14 Oct 2022 04:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item View Item