Syahrul, Syahrul and Zahrawati, Fawziah and Nursaptini, Nursaptini (2022) Kritik Ideologi Pendidikan. 1, 1 (1). IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare. ISBN 978-623-5781-87-7

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
KRITIK IDEOLOGI PENDIDIKAN-ISBN.pdf

Download (439kB)

Abstract

Buku ini menyajikan berbagai diskursus tentang ideologi pendidikan, kritik ideologi pendidikan kaum sofis, kritik institusionalisasi pendidikan, dan kritik strukturalisasi pendidikan yang berupaya memotret fenomena pendidikan di Indonesia secara utuh dan disajikan sesederhana mungkin. Ketidakpuasan terhadap stuktur pendidikan, memantik para kritikus untuk menawarkan wajah baru bagi sistem pendidikan di Indonesia. Kritik ideologi pendidikan meyakini bahwa kegiatan pendidikan tidak lepas dari muatan politik yang menjadikan realitas sosial sebagai pusat permasalahan. Dalam hal ini, stuktur pendidikan yang menindas dan penuh politisasi serta kepentingan menjadi dalang permasalahan pendidikan. Buku ini memuat 5 bab. Pada bab pertama berisi pendahuluan yang berupaya mengajak pembaca untuk aware terhadap fenomena pendidikan yang telah membudaya di masyarakat. Kemudian pada bab kedua membahas berbagai tipologi ideologi pendidikan meliputi: ideologi pendidikan konservatif, ideologi pendidikan liberal, ideologi pendidikan pragmatis, kritik ideologi konservatif dan liberal, matinya ideologi pendidikan, dan masa depan ideologi pendidikan. Selanjutnya, bagian bab ketiga memuat kritik ideologi pendidikan kaum sofis yang terdiri dari perkembangan ideologi pendidikan kaum sofis, pengaruh perkembangan ideologi pendidikan kaum sofis, dan kritik bisnis pendidikan kaum sofis. Bab keempat membahas kritik institusionalisasi pendidikan yang terdiri dari: alasan institusionalisasi pendidikan, lahirnya kesadaran kritis institusi pendidikan, kritik tradisi institusionalisasi pendidikan, kritik modernisasi institusi pendidikan, institusi pendidikan sebagai rekayasa budaya, institusi pendidikan sebagai rekayasa politik, institusi pendidikan sebagai arena kapitalisme, nihilisme institusi pendidikan, matinya ideologi ke-Tuhanan dalam institusi pendidikan, dan membebaskan masyarakat dari institusi pendidikan. Pada bab terakhir buku ini mendiskusikan kritik strukturalisasi pendidikan, yakni: arena produksi stuktur pendidikan, dilema antara strukturalisasi dan humanisasi pendidikan, kebudayaan bisu dalam stuktur pendidikan, guru dan murid dalam stuktur pendidikan, stuktur pendidikan sebagai penjara, matinya subjek dalam stuktur pendidikan, dan membebaskan masyarakat dari penjara struktur pendidikan. Akhir kata, penulis berharap agar buku ini dapat menumbuhkan kesadaran atas realitas pendidikan dalam bingkai kritik ideologi pendidikan sebagai suatu alur pemikiran yang baru dan dan tidak lepas dari kondisi lingkungan pendidikan pada era revolusi industri.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Depositing User: Fawziah Zahrawati
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:31
Last Modified: 06 Oct 2022 06:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item