Djamaluddin, Citramaya (2022) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji di Bank Mualamat KCP Parepare. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
17.2300.056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguraikan perencanaan strategi pemasaran produk tabungan haji di Bank Muamalat KCP Parepare, memapaparkan mengenai implementasi strategi pemasaran produk tabungan haji di Bank Muamalat Kcp Parepare, dan menguraikan evaluasi strategi pemasaran produk tabungan haji di Bank Muamalat KCP Parepare. Jenis penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yakni data yang diperoleh berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa yang sederhana dan dikaitkan dengan data yang ada untuk mendapatkan kejelasaan terhadap suatu kebenaran, sehingga memperoleh gambaran baru ataupun menguatkan fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan hal yang sebenarnya. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan strategi pemasaran tabungan iB Muamalat Haji di Bank Muamalat KCP Parepare adalah dengan mencari informasi mengenai pekerjaan dan penghasilan calon nasabah. Strategi yang digunakan dalam pemasaran produk tabungan iB Muamalat Haji adalah personal selling karena dianggap sebagai strategi yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal dan karena personal selling memainkan peran penting dalam pengembangan nasabah. (2) Implementasi strategi pemasaran yang digunakan Bank Muamalat KCP Parepare dalam memasarkan produk tabungan iB Muamalat haji kepada calon nasabah adalah dengan menggunakan strategi personal selling dan mendatangi rumha-rumah calon nasabah secara door to door, selain itu dengan berkunjung ke mesjid dan pengajian serta ke toko-toko atau instansi dan melakukan promosi di depan calon nasabah mengenai apa dan bagaiamana tabungan iB Muamalat haji kepada calon nasabah. (3) Evaluasi strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat haji di bank muamalat KCP Parepare setelah olah hasil wawancara dengan pihak bank muamalat bahwa dalam melakukan pemasaran produk tabungan iB Muamalat haji dilakukan dengan mengimplementasikan strategi pemasaran personal selling dengan menerapkan prinsip pemasaran 5P yaitu prduct, price, promotion, place, dan peopl . Dapat dievaluasi strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat haji pada bank muamalat yaitu tenaga pemasaran mampu memberikan informasi dengan jelas dan mudah dipahami oleh calon nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Tabungan Haji, Bank Muamalat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 01:14
Last Modified: 09 Oct 2025 01:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4012

Actions (login required)

View Item View Item